Hentikan Gaya Hidup Bergosip

Apa yang biasa dibicarakan oleh beberapa orang yang sedang kumpul-kumpul atau Hang Out? Atau ketika ibu-ibu berkumpul dengan sesamanya? Ya benar. Pasti membicarakan tentang orang lain, atau sekarang yang akrab di katakan dengan gosip. Gosip dewasa ini telah menjadi gaya hidup. Bahkan dijadikan suatu bentuk hiburan di televisi yang biasa disebut Infotainment ( Information dan Entertainment). Bila ditelaah lebih jauh, tak selamanya membicarakan orang lain disebut gosip. Pembicaraan yang buruk, bersifat spekulasi dan tak ada dasar lah yang bisa dikatakan dengan gosip. Ini tentu sangat mengganggu, dan juga meresahkan orang-orang tertentu.

Dalam Agama Islam, Gosip bisa disamakan dengan Ghibah. Pengertian Ghibah menurut Hadis adalah sebagai berikut.

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulallah SAW bersabda : tahukah kamu apakah ghibah itu? Jawab shahabat : Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Nabi bersabda : menyebut saudaramu dengan apa-apa yang ia tidak suka disebutnya. Ditanya : Bagaimanakah pendapatmu kalau itu memang sebenarnya ada padanya? Jawab Nabi : kalau memang sebenarnya begitu, itulah yang bernama ghibah. Tetapi jikalau menyebut apa-apa yang tidak sebenarnya, berarti kau telah menuduhnya dengan kebohongan (yang lebih besar dosanya). (H.R. Muslim)

Dan dari Al Quran, Surat Al-Hujarat menjelasakan sedikit tentang membincangkan orang lain

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing disebagian yang lain. Apakah diantara kamu ada yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sunggguh Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat:12)

Maka jelaslah Ghibah atau Gosip di agama islam adalah perbuatan yang salah dan senantiasa mengakibatkan dosa. Bahkan dengan terus bergosip, lama kelamaan kita akan masuk ke fasa baru yaitu Fitnah yang menjadi salah satu dosa besar. Fitnah ini sangat dibenci oleh Tuhan dan juga akan menyebabkan kebencian lain dari manusia.

Dalam Agama Kristen sendiri juga disebutkan bahwa :

“Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu;” (Mazmur 34:14)

Bahkan jelas ada ajakan untuk tidak memfitnah

Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.” (Titus 3:2)

Disini jelas bahwa gosip yang tentu mengarah ke ucapan yang menipu dan fitnah tidak dibenarkan dalam pemahaman gama kristen sendiri.

Jika kita telaah bersama bahkan disemua agama mengajarkan  kita tidak boleh berprasangka buruk apalagi membicarakan sesuatu yang buruk tentang orang lain. Ini berarti mutlak bahwa gosip harus dikurangi dan dibatasi apalagi gosip yang mengarah ke menjelek-jelekkan orang apalagi sampai tahapan fitnah. Umunya pandangan semua agama adalah menjadikan kita menjadi pribadi yang baik, pribadi yang menjadi khalifah (pemimpin) yang mengarahkan dunia ini kearah yang lebih baik.

”Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna” (Q.S Al Mu’minuun ayat 1 -3)

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.” (Matius 12:36)

Menjadi keresahan kita bersama karna dewasa ini hal itu telah menjadi gaya hidup. Maka sudah selayaknya kita sebagai generasi perubah untuk tidak meneruskan kebiasaan yang membuang-buang waktu dan mengakibatkan kerugian bagi diri kita dan orang lain ini. Kita sebagai pemegang masa depan bangsa sudah selayaknya lebih berfikir untuk mengubah bangsa ini dari diri kita sendiri. Bersama kita arahkan diri kita menjadi pribadi terbaik untuk pada akhirnya kita mengarahkan negara dan bangsa kita ini menjadi salah satu negara terbaik di muka bumi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s